BERITA POLTEKESOS




HumasPoltekesosBDG_Instalasi Kewirausahaan Politeknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKESOS) Bandung selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan dengan tema “Desain Kemasan Produk sebagai Strategi Branding untuk Meningkatkan Daya Saing “ bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Coblong. Sabtu (4/5/2024) Wisma Pandawa

Trend era globalisasi dan teknologi saat ini, semua menekankan daya saing pada branding produk baik untuk kemasan maupun pemasaran. Design kemasan produk adalah faktor penting dalam menentukan daya saing di pasar juga sebagai bagian integral dari strategi pemasaran dan branding produk, design kemasan akan mempengaruhi pembeli atau konsumen dalam beberapa aspek, seperti:

1. Aestetika/keindahan: Design kemasan yang menarik dan unik dapat menakai pelanggan untuk mengejar produk Anda di antara berbagai pilihan yang tersedia. Sebuah kemasan yang indah dan kreatif dapat menambah nilai estetik dan membuat produk Anda lebih menarik untuk dilihat di lantai toko atau layanan e-commerce.
2. Identitas Brand: Design kemasan bertugas untuk menggambarkan nilai dan sifat khas dari produk yang dibuat. Dengan menggunakan warna, gambar, dan tampilan yang unik, Anda dapat membuat brand Anda lebih terkenal dan mengingatkan pelanggan dengan gambaran keseluruhan tentang produk Anda
3. Informasi Produk: Design kemasan harus memberikan informasi yang relevan dan mudah dipahami mengenai produk, seperti nama produk, bahan, fungsi, dan instruksi penggunaan. Informasi yang disajikan dengan baik dapat mempercepat proses pembelian dan memperbaiki pengalaman pelanggan
4. Perlindungan Produk: Kemasan harus mempertahankan kualitas dan kebersihan produk serta melindungi mereka dari dampak lingkungan sehari-hari, seperti pengangkutan dan penyimpanan. Jika kemasan produk Anda efektif dalam melindungi produk, maka pelanggan lebih senang untuk membli dan mengulangi pembelian.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan terselenggara  selain untuk meningkatkan Ekonomi dan Pendapatan keluarga maupun masyarakat sekitar, juga bermaksud untuk memberikan pendidikan dan pengalaman yang diperlukan dalam memulai bisnis ataupun meningkatkan kemampuan dalam bidang usahanya serta memiliki tujuan diantaranya
Untuk membangun pemahaman dan keterampilan dalam mendesain kemasan produk, Meningkatkan kualitas produk usaha, Membantu pengembangan strategi usaha dan dapat memberikan pengaruh dan keberhasilan yang lebih baik dalam kewirausahaan.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Instalasi Kewirausahaan H. Eri Susanto, SIP, M.Eng yang dalam sambutannya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan dengan antusias serta kegiatan ini dapat berjalan lancar dengan outcome
1. Peserta dapat mengetahui pentingnya kemasana produk sebagai suatu strategi dalam kewirausahaan.
2. Peserta dapat mengenal berbagai jenis kemasan produk.
3. Peserta dapat memahami cara membuat kemasan yang sesuai dengan jenis usahanya sebagai suatu strategi daya saing dalam pemasaran.

Menghadirkan narasumber Ratna Novita Wulandari.,ST dari Rumah Kemasan Jawa Barat yang langsung memaparkan tentang "Wawasan Kemasan" dengan mengkategorikan produk basah dan kering. Selain pemaparan dari narasumber, dalam kesempatan tersebut dilakukan pula Penyegaran atau Ice Breaking dan Forum Group Discussion (FGD) untuk menginventarisasi kebutuhan, permasalahan, tantangan dan hambatan bagi KPM dalam mensupport usaha yang dirintis.

Kegiatan dihadiri oleh Perwakilan Dosen, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) kelurahan Dago Kecamatan Coblong, Perwakikan Mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI PT Poltekesos Bandung dan Humas Poltekesos.




@poltekesosbandung

Silahkan isi dengan lengkap data di bawah ini.